Minggu, 22 April 2018

Owl, Si Burung Hantu Melihat Bintang Jatuh


 
google image
Malam itu bulan bersinar terang. Bintang-bintang bertaburan. Sungguh indah. Owl Si Burung Hantu bersiul pelan. Ia dan Mamahnya duduk bertengger di sebuah dahan dekat sarangnya. Angin laut yang menyegarkan berhembus. Pohon tempat sarangnya berada memang terletak di sebuah tebing yang berbatasan langsung dengan laut. Dari dahan itu Owl bisa melihat laut yang berkerlip terkena cahaya bulan. Ada kapal nelayan yang sedang menjaring ikan di sana.

“Mah, bagaimana cara nelayan itu tau arah pulang? Bukankah mata manusia tidak setajam mata kita saat malam hari?” tanya Owl penasaran.

“Ya, mata mereka memang tidak setajam kita, tapi Pak Nelayan itu tetap tau arah pulang dengan melihat bintang di langit,” Mamahnya menunjuk bintang-bintang di langit.

“Hah? Bagaimana caranya mereka pulang dengan melihat bintang di langit Mah?” 

“Mhmm ... kamu lihat diujung sana ada empat bintang seperti layang-layang, itu disebut rasi bintang Pari yang menunjukkan arah selatan. Nah, kalau 7 bintang di sana yang bentuknya seperti gayung itu di sebut rasi bintang Biduk, menunjukka arah utara. Dengan melihat rasi-rasi itu Pak Nelayan bisa menemukan arah jalan pulang.” Jelas Mamahnya.

Owl menatap bintang-bintang itu terpesona. Dia tidak tau kalau ternyata bintang-bintang yang tampak berhamburan itu ternyata bisa menjadi penunjuk arah.

Tiba-tiba sebuah cahaya melesat cepat.

“Mah ... ada bintang jatuh! Ada bintang jatuh!” seru Owl gembira.

Mamahnya tersenyum, “itu bukan bintang jatuh sayang.” 

“Kalau bukan bintang jatuh, terus itu apa Mah?” tanya Owl bingung. Benda bersinar itu jatuh dari langit, jadi sudah pasti itu bintang jatuh kan? Pikirnya.

“Itu, namanya meteor, Owl.”

“Apa itu meteor Mamah?” tanya Owl lagi.

“Meteor itu benda dari luar angkasa. Karena dia jatuh dengan sangat cepat ke Bumi, dia jadi berpijar makanya terlihat seperti bintang jatuh.”

“Owl bingung Mah. Owl pikir di luar angkasa hanya ada matahari, bulan, dan bintang.”

Mamah Owl tersenyum sambil mengacak kepala Owl dengan sayang.

“Makanya Owl belajar dan rajin membaca ya, biar tau benda-benda apa saja yang ada di luar angkasa,”

“Baik Mamah ...” jawab Owl sungguh-sungguh.

***

#30DEM
#30DaysEmakMendongeng
#TemaAntariksa
#Days 26 (seharusnya)

2 komentar:

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...