Kamis, 31 Maret 2016

Iklan

Did you know? Bagaimana caraku menginterpretasikan kalo saat itu sudah malam?
Caranya adalah dengan melihat tv kalau iklan rokok sudah bermunculan itu artinya sudah malam.. :D
Ada banyak iklan rokok berseliweran di TV-mu? Itu artinya sudah larut malam. Tidur geh sana.. :D
Well, ngomong-ngomong tentang iklan rokok, setuju nggak kalau aku bilang iklan rokok sekarang keren-keren. Ku akui itu. Terlepas dari kebencianku yang teramat sangat pada rokok.

Coba deh liat iklan rokok, walaupun tidak ada satupun scene yang menggambarkan adegan seseorang yang merokok, tapi mereka bisa membuat iklan yang keren banget. Penuh kalimat bijak nan menggugah. Juga adegan-adegan menantang dan keren,  kayak lompat dari helikopter, jatuh dari motor yang melaju kencang, memotret badai, naik kapal pesiar, dan sebagainya.

 Ada yang  menggambarkan tentang pencarian jati diri,  tentang bangkit setelah jatuh, tentang  seorang laki-laki kaya yang sukses meraih apa yang jadi passionnya, ada juga yang menggambarkan tentang menjadi berbeda, betindak berbeda dan berpikir berbeda dari kebanyakan. Bahkan ada yang mengaitkannya dengan nasionalisme.  Keren kan?  

Tapi coba deh, lebih kuat mana pesan-pesan penuh kebaikan tersebut dengan pesannya yang paling  jelas yaitu,” lo nggak keren kalau nggak ngerokok rokok ini”??
Kreatif banget yak?
Dan hasilnya?
Oh ya, akuilah. Tentu saja nyaris tidak ada perokok aktif yang mengingat semua kata-kata keren yang jadi prolog iklan tersebut. Tapi rokok tetap laku keras laris manis di pasaran.

Kalau untuk rokok saja, iklannya keren gitu.  Kenapa kita nggak bisa bikin iklan yang lebih dalam maknanya untuk produk-produk lain? Kayak iklan-iklan Thailand getoh. *bocoran info, aku pernah nangis gara-gara nonton satu iklan produk Thailand. 

Sekarang ayo kita bandingkan dengan iklan-iklan serupa di Indonesia. 

Arrrrggghh, aku geregetan banget ama iklan makanan ringan yang adegannya tentang harus putus gara-gara yang satu suka makan langsung dan satunya suka makan yang dingin. Apalagi iklan yang lebay lemes bray itu. Hadeeehhh.. *tapi anehnya iklan-iklan ajaib kek gini justru sangat populer.*Tepok  jidat.

Hahh.. sudahlah..
Semoga saja.. semoga saja.. semoga saja.. yang bergerak di bidang advertising bisa lebih bjak dalam membuat atau menciptakan sebuah iklan.



4 komentar:

  1. smoking???? kena lagi dech aku :) wkwkwk

    BalasHapus
  2. setuju mbak,, iklan rokok emang keren2 dibandingkan dgn iklan yg lain,,
    miris jg sihh,,
    semoga saja.. yang bergerak di bidang adversiting bisa lebih bjak dalam membuat atau menciptakan sebuah iklan"-bantu doa, hehe

    BalasHapus
  3. aamiin mbak..^^
    makasih dah mampir sini yaaa...

    BalasHapus

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...