Senin, 31 Juli 2017

9 Jurus Ampuh Menyingkirkan Writer's Block



google image

Sebaga seorang penulis tentunya kita sudah tidak asing dengan yang namanya writer’s block. Writer’s block ini, sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Nah bagaimana cara mengatasinya? Inilah tips-tipsnya ala-ala saya. Hehehe.. check this out,

1.       Write As Soon As Possible!
Ya.. bukan sekali dua kali saja saya kehilangan ide menarik untuk menulis karena dengan cerobohnya saya “nyuekin “ ide saat ia datang. Terlupakan karena masih sibuk dengan pekerjaanlah, melakukan inilah, itulah, dan sebagainya. Padahal saat saya selesai dengan semuanya dan mulai duduk manis, ide itu telah lenyap tak berbekas. Dan pada akhirnya saya pun hanya termangu di depan laptop kesayangan. Karenanya saya selalu menyiapkan sebuah buku catatan. Karena kalau saya memang prefer menulis di buku ketimbang di smartphone rasanya lebih leluasa dan bebas. Kalau situasi mendesak, barulah saya menuliskannya di ponsel.

2.       Go out!
Yup.. daripada bengong mending pergi keluar. Sekedar melihat langit, melihat hamparan pepohonan, ngeliat gerombolan siswa yang riuh bak anak ayam kelaparan saat jam istirahat kadang bisa ampuh mengusir writers block tingkat stadium rendah milik saya.

3.       Keep Calm And Watch Your Korean Drama!
Hahaha Right! I’m Korean drama lover! And a film addict! Untuk meluruskan kekakuan ide di kepala, saya juga biasa menggunakan cara ini. Dengan menonton drama, kita bisa mendapatkan berbagai ide menarik loh.. trust me! It works! (#eh kok kayak iklan ya..)

4.       Listen Music.
Biasanya saya suka mendengarkan soundtrack musik dari drama korea atau film yang saya tonton. Ketika ada sebuah musik yang menarik hati (yang bukan berbahasa Indonesia), saya akan mulai men-googling arti lirik lagu dari musik tersebut. Dan biasanya ini berhasil.

5.       Window shoping
Jalan-jalan di Mall sambil melirik-lirik berbagai barang yang dipajang di etalase itu sukses bikin mata saya berbinar dan me-refresh otak saya. Seperti yang pernah saya baca di salah satu artikel milik anggota ODOP lainnya (maaf saya lupa mbak siapa ya.. #plaakk #liadisambit sandal), ini semacam sebuah hubungan yang rumit. Mungkin bisa dikategorikan sebagai sebuah cinta dalam diam? Menyukai tapi tak harus memiliki. #eaaaa Karena percayalah meski seberapa menariknya barang tersebut saya akan selalu berpikir dua kali sebelum membalinya. Kecuali buku sih. :D kalau buku mah mang sejak kapan itu selalu sukses menghipnotis saya untuk membuka dompet. Hikz.. ini lah salah satu efek mengerikan dari Syndrome bibliophilia! Hahaha  Ah.. sudahlah..

6.       Drink Green Tea or a cup of latte!
Kalian pasti sudah pernah denger salah satu manfaat green tea sebagai bahan untuk merelaksasi tubuh kan? Nah, meminum secangkir teh hijau atau latte ini juga bisa menyingkirkan WB.

7.       Let’s Read A Book.
Membaca dan menulis sudah barang tentu merupakan dua sejoli yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Saya baru saja membaca sebuah artikel menarik tentang kotak perkakas menulis (writting toolbox) milik Bapak Hernowo Hasim yang di share salah satu anggota grup ODOP Mbak Hiday, bahwasanya menulis merupakan upaya kita untuk mengeluarkan atau mengemukaakan pemikiran kita melalui kata-kata. Sedangkan membaca adalah upaya kita untuk memasukan kata-kata ke kepala kita . Semakin banyak yang kita baca maka semakin baik pula keterampilan berbahasa kita. Apa itu keterampilan berbahasa? salah satunya adalah memiliki kekayaan perbendaharaan kosa kata. Bukankah kekayaan kosa kata kita berbanding lurus dengan baiknya karya tulis yang kita hasilkan pada akhirnya?

8.       Free Writing!
Masih menurut beliau (pak Hernowo), salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengusir writer’s block adalah dengan free writing, atau menulis bebas. Bagaimana caranya menulis bebas? Ubah font color dengan menggunakan white font. Lalu menulis saja. Sebebasnya. Seamburadul mungkin. Hahaha ini baru aku praktekin dan alhamdulillah hasilnya memang acak-adul. But it’s easy guys.. kita selalu bisa mengeditnya kembli sebebas-bebasnya.

google image

9.       Make a Mind Mapping.
Mirip-mirip dengan free writing. Kita bisa bikin sebuah mind mapping besar dari kata yang acak saja tercetus di kepala kita.


2 tips terakhir baru saya aplikasikan hari ini, saat saya benar-benar tidak tahu harus memulai dari mana untuk menulis tulisan ini. Semoga bisa bemanfaat ya..




#Tugas Kelas Fiksi 5 
#Tugas Kelas Non Fiksi 2

6 komentar:

  1. Jujur aku gak akan menerapkan window shoping Mbak. Bukan bikin fresh malah bikin stress nanti. Wkwkwk

    BalasHapus
  2. Bermanfaat ka tulisannya, apalagi untuk saya yang masih belajar menulis

    BalasHapus
  3. Read a book, free writing, make a mind mapping 😍

    BalasHapus
  4. harus sering sering baca ini biar termotivasi lagi.hehhe..thanks mba artikelnya^^

    BalasHapus
  5. Salam kenal mba...trims sharing tips nya ya

    BalasHapus

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...