Sabtu, 19 Mei 2018

10 Korean Tales


Tugas RCO kali ini adalah kami diminta untuk membaca buku berbahasa asing. Sebenarnya aku punya satu novel sejarah berbahasa Inggris, judulnya “The Last Kingdom”. Tapi karena tebalnya, terus kemarin sempat yang sibuk mondar-mandir, aku jadi males baca novel itu :D (jangan ditiru yorobeun). 

Akhirnya aku memutuskan untuk membaca “10 Korean Classic Tales”. (Yaelah ... bacaanku receh amat yak? Hahaha ... but no one too old for fairytales right? *udah iya-in ajah biar cepet! :D)

Jadi, sesuai dengan judulnya, buku dengan 140 halaman ini berisi 10 cerita klasik dari negeri ginseng, Korea. Dibuka dengan cerita pertama yang berjudul “Tweleve Sacks Of Rice” yang menceritakan tentang 2 orang kakak beradik yang membagi hasil panen padi mereka . Masing-masing mendapatkan dua belas karung beras. Sang Kakak Dae Hee, memutuskan untuk memberikan tambahan satu karung karena istri adiknya Dae Hyun  baru saja melahirkan putra mereka. Pada tengah malam nan gelap gulita, diam-diam ia pun memikul sekarung beras dan memasukkannya ke gudang adiknya.

Namun betapa terkejutnya Dae Hee saat keesokan paginya ia masuk ke gudang miliknya.

“Aneh, seharusnya berasku tinggal sebelas karung,” katanya setelah menghitung karung berasnya yang masih berjumlah dua belas.

Karena berpikir mungkin ia hanya bermimpi, saat malam, ia pun kembali mengangkut satu sak beras menuju rumah Sang Adik. Namun lagi-lagi keesokan harinya, jumlah karung berasnya masih sama. Tidak berkurang.

Pada malam ketiga, ia kembali mengantarkan satu sak beras. Kali ini sinar bulan purnama menerangi jalan. Tak lama ia melihat sesosok laki-laki yang juga sedang memikul karung berjalan menuju arahnya. Setelah dekat, barulah ia sadar. Laki-laki itu adalah Dae Hyun adiknya.  Dae Hee pun bertanya, “apa yang kau bawa Dae Hyun-ah? Dan kemana kau akan membawanya?”

“Aku juga ingin menanyakan hal yang sama denganmu,”  jawab Sang Adik. 

Lalu tiba-tiba keduanya pun tertawa. Ternyata Sang Adik berpikir, kakaknya pasti memerlukan beras lebih banyak karena keluarganya lebih besar. Karenanya ia berinisiatif untuk memberi satu karung beras kepada kakaknya. 

Sebuah kisah persaudaran yang sungguh indah bukan?

Well, berikut ini adalah sembilan kisah lainnya :

  • The Naughty Green Frog (Katak Hijau Kecil Yang Nakal) 
  • Princess Pyong Kang and The Fool Oun Dahl (Puteri Pyong Kang dan Si Bodoh Oun Dahl) 
  • Why The Sea Salty? (Mengapa Laut Asin) 
  • The Three Year Hill (Bukit Tiga Tahun) 
  • The Rabbit’s Judgement (Penilaian Sang Kelinci) 
  • The Fountain Of Youth (Sumber Air Awet Muda) 
  • The Weeping Rock Of Mount UI (Batu Menangis Dari Gunung UI) 
  • Hochi The Faithful Dog (Hochi Si Anjing Setia) 
  • Ewha The Korean Cinderella (Cinderella dari Korea)

So, kalau kalian penasaran dengan cerita yang lain, silahkan langsung baca bukunya ya Gengs.. ;)

#TugasRCO3Level4
#Tugas2
#OneDayOnePost

4 komentar:

  1. Bagus nih ceritanya, bisa buat pengantar tidur anakku 😊. Jadi pengen beli bukunya mba.. ada di Gramed ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buku terbitan GPU kok mbak.. Aku belinya di Gramed juga sih..😄

      Hapus
  2. Masuk list nih.
    Makasih mbak Lia ^_^

    BalasHapus

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...