Kamis, 07 Maret 2019

Hans Andersen


Google Image

     Aku penyuka dongeng, dan Hans Andersen merupakan salah satu penulis dongeng favoritku.  Penulis dongeng terkenal The Queen Snow, The Little Mermaid, dan The Little Match Girl kelahiran Odense, 2 April 1805 ini memiliki banyak karya literasi selain dongeng. Seperti skenario pertunjukan teater, berbagai catatan perjalanan, puisi, bahkan novel.

     Penulis yang karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih 125 bahasa ini berasal dari keluarga miskin, hal ini membuatnya harus berjuang keras untuk bertahan dalam struktur kelas masyarakat yang kaku pada masa itu. Ia berganti-ganti pekerjaan sampai akhirnya menetapkan hati untuk menjadi seorang penulis.

Doc. pribadi

      Sekarang ini dongeng-dongeng Andersen telah disadur menjadi film, pementasan drama, balet, juga animasi. Disebutkan bahwa teknik menulisnya yang membuat seolah-olah benda mati menjadi ‘hidup’ juga, telah menginspirasi  karya-karya Lewis Carol dan Beatrix Potter. Ceritanya yang sederhana membuat dongeng Andersen pun mudah diterima anak-anak. Di sisi lain, muatan pesan moral tentang kebajikan dan bertahan disaat sulit juga menjadi nilai tambah karya Andersen yang memikat para pembaca dewasa.
 
  Dalam karya-karyanya, Andersen memang kerap menggambarkan kehidupan orang-orang kelas bawah yang miskin dan memiliki kehidupan yang sulit akibat Revolusi Industri pada masa itu.

    Penulis dengan nama lengkap Hans Christian Andersen ini meninggal di usianya 70 tahun, pada tanggal 4 Agustus 1875 dan dimakamkan di Kopenhagen. Kini atas sumbangsihnya dalam dunia kesusastraan, hari kelahiran Andersen, tanggal 2 April, ditetapkan sebagai Hari Buku Anak Internasional. Selain untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, penetapan ini juga bertujuan agar perkembangan buku anak-anak bisa mendapatkan lebih banyak perhatian. Semoga menginspirasi kita ya...


#ReadingChallengeODOP
#Tantangan2Level4




4 komentar:

  1. Saya suka Hans Christian Andersen jg mba. Favorit sata the ugly duckling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita samaan dunk mbak.. makasih ya udah mampir sini..😄

      Hapus
  2. Hans Christian Andersen lbh senior dr lewis Carrol ya mb. membaca karyanya ikut larut dlm dufan, ciptaannya.

    BalasHapus

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...