Minggu, 05 April 2020

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.



Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap  selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari ini tepat 14 hari saya #dirumahaja paska dikeluarkannya peraturan untuk belajar dan bekerja dari rumah  dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 atau Corona.
Dan berikut 10 kegiatan yang saya lakukan untuk membunuh rasa bosan di rumah yang mungkin bisa kalian lakukan juga di rumah kalian. Check this out :



     1.      Memperperbanyak amal ibadah
Bagi yang muslim ini kesempatan kita untuk memperbaiki kualitas ibadah kita selama ini. Kalau yang tadinya bisanya Cuma baca Qur’an 2 lembar, mungkin sekarang bisa 1 juz. Yang tadinya dhuhanya 2 rakaat saja, mungkin sekarang bisa ditambah. Kita juga bisa mengikuti kajian-kajian online. Sekalian mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan.



     2.       Membaca


Saya termasuk tipe penimbun buku. Tak heran saya masih punya cukup banyak buku yang belum sempat terbaca. Karenanya momen #dirumahaja ini saya manfaatkan untuk mengurangi tumpukan buku-buku tersebut. Biar nggak bosan, kalian bisa ikut reading challenge yang bertebaran di IG. Selain seru karena bisa baca bareng temen-temen yang lain, kalian juga bisa saling mendiskusikan buku-buku yang kalian baca.Saya kemarin ikut RCO (Reading Challenge 0DOP).
Kalau saya mulai bosan baca buku fisik, biasanya saya baca komik di Webtoon atau meminjam ebook di Ipusnas. Kadang saya juga membaca novel-novel di Wattpad. Kalian bisa banget loh mampir ke Wattpad saya di sini. ^_^


     3.       Menulis
Agar tidak lupa dengan buku-buku yang telah selesai dibaca, biasanya saya akan membuat catatan-catatan kecil. Tak jarang, saya juga menulis review untuk buku-buku yang saya suka. Lihat di sini untuk buku-buku yang saya review.
Nah, kalian pun dapat membuat review atau bisa juga resensi tentang buku yang kalian baca lalu kirim deh ke media cetak. Biasanya ada honor bagi karyanya yang dimuat. Lumayan kan buat beli kuota? :D
Kalian juga bisa membantu pemerintah mengkampanyekan social distancing kepada masyarakat luas dengan menulis quote-quote yang asyik dan tidak membosankan.

pinterest image

4.      
Memasak 
Pada dasarnya saya sukamemasak, tapi saat hari-hari biasa, saya tidak punya banyak waktu untuk bereksperimen. Bisa dibayangin dong selama 14 hari ini saya jadi rajin wira-wiri ke dapur. Saya mencoba menu-menu baru yang belum pernah saya masak sebelunya. Sekarang, kalian juga bisa mulai mencoba. Apalagi anak putri. Minimal kalian harus bisa memasak untuk diri sendiri. Nggak usah yang ribet. Kalian bisa mulai dari menu-menu simpel kekinian yang ada di IG, Youtube, Cookpad, dan bahkan di Tiktok.

5.       Bercocok tanam
Suami saya lagi keranjingan sama bercocok tanam dengan cara hidroponik. Kebetulan rumah kami memang di tengah kota, dan halaman kami sempit. Jadi metode ini kami rasa menjadi solusi yang keren. Suami menonton banyak cara bertanam dengan hidroponik yang ternyata nggak ribet sama sekali. Yang penting niat. Kemarin dia mencoba menanam bawang merah. Lumayan kan nanti kalau sudah panen kami nggak perlu lagi membeli bawang. Apalagi sekarang harga bawang udah mencapai Rp.37.000/kg (emak-emak mode on.. hahaha)
Nah, kalian bisa banget tuh ikutan mencoba bercocok tanam. Menanam apa saja. Bisa bunga-bunga, pohon, pohon buah atau printilan bumbu dapur semacam jahe, kencur, kunyit, atau serai. Sekalian ikut berpartisipasi mengurangi dampak global warming, siapa tau kan kalian akan semakin disayang emak karena ikut berperan aktif membantu menyuplai bumbu dapur.
pinterest image 

 
pinterest image
6.       Beres-beres
Saya iseng membongkar lemari dan menyortir kembali baju-baju atau kerudung  yang jarang dipakai. Biar lemari nggak penuh sesak, padahal yang dipakai itu lagi. Itu lagi. :D
Terus saya juga beres-beres meja rias. Buat yang cewek mungkin bisa juga mulai mengorganisir kembali jajaran skin care dan make upnya. Dicek satu demi satu expired date-nya. Habis beberes skin care-an deh. Biar teteup  glowing, shining, shimmering,splendid… ^_^

pinterest image
7.       Olahraga
Tentunya agar tetap sehat kita harus berolahraga. Olahraganya #dirumahaja. Nggak usah yang berat-berat. Kita bisa nge-zumba ngikutin instruktur zumba di Youtube. Atau nge-plank barang semenit, dua menit. atau kalian juga bisaa mencoba yoga.  

8.       Piknik
Nggak usah jauh-jauh kita bisa piknik di depan rumah atau di halaman belakang rumah. Menggelar karpet bawa sandwich atau arem-arem. Usahakan terkena sinar matahari pagi. Jadi sekalian berjemur kita bisa sekalian sarapan.

      9.       Ikut pelatihan online
Meski hanya di rumah, nggak ada salahnya dong kita tetap aktif mengasah diri dan potensi. Ada banyak kelas online yang dibuka. Sesuaikan saja dengan yang kalian inginkan. Salah satunya adalah pelatihan online yang diselenggarakan oleh kementrian kominfo. Kepoin deh IGnya @digitalent.kominfo

pinterest image
 
1  10.   Marathon film
Kalau saya kemaren marathon drakor dong. :D terakhir kemaren saya udah mengkhatamkan Crash Landing On You-nya oppa Hyun Bin dan Kingdom-nya Ju Jihoon. Nah, kalau kalian juga suka nonton drakor seperti saya, kalian bisa nonton streaming di berbagai aplikasi kek VIU, drakor mama dan yang lain. Atau kalian juga bisa mengkses Netflix. Untuk yang suka nonton film nggak usah bersedih karena LK21 udah ditutup, soalnya saya lihat banyak juga yang ngeshare link berbagai fiml di media social seperti FB.


Jadi kalian udah ngapain aja neh gaes? Can you please tell me in the comments below? Stay safe, stay at home.


#ODOPdirumahaja
#ODOPstayathome

1 komentar:

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...