Kamis, 01 Oktober 2015

Luka Lama

Aku baru saja menemukan artikel menarik di internet. Terkait kejadian G 30 s/PKI.  Sampai aku setua ini aku hanya tau sekilas tentang peristiwa berdarah itu. Aku tahu pemusnahan PKI itu tidak bisa dibenarkan. Bahkan sekalipun PKI memang melakukan hal yang juga sangat-sangat tidak bisa dibenarkan dan tidak bisa dimaafkan.
Aku pernah menemukan sebuah kalimat di sebuah komik. Komik Ia? Iya sebuah komik. Kenapa? Kalau kita jeli kita bisa mendapatkan sebuah kebijaksanaan dari berbagai hal loh. Bahkan dari komik sekalipun. Aku lupa apa judul komik ini. Apalagi pengarangnya. Yang jelas di komik itu tertulis sebuah dialog yang salah satu kalimatnya berbunyi begini. Apa hak kita melenyapkan sesuatu yang tak pernah bisa kita ciptakan? Bahkan seorang manusia paling bejat pun, seorang pembunuh paling sadis paling tidak bermoral pun dia tetaplah mahluk hidup yang tak pernah bisa kita ciptakan. Dia bukan milik kita? Apa hak kita melenyapkannya? Apa kita Tuhan yang menentukan dia berhak hidup atau mati? Tapi tentu saja ketika kita sudah dianiyaya sedemikian rupa diam dan tidak melakukan apapun juga bukan hal yang bijak. Owh, ayolah G30 S/PKI itu sudah lama sekali berlalu. Semua pihak baik PKI maupun yang turut andil dalam kerusuhan pemusnahan PKI itu sama-sama salah. Ayo kita saling memaafkan dan tidak lagi mengingat-ingatnya yang membuat luka lama kembali berdarah. Tidak ada gunanya masih sibuk berdebat tentang sesuatu yang sudah terjadi. Tidak akan mengubah apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...