Senin, 31 Oktober 2016

[Review] Novel Ayah – Andrea Hirata



Judul Buku          : Ayah
Nama Penulis      : Andrea Hirata
Penerbit               : Bentang Pustaka
Cetakan               : Ke-8


Kulalui sungai yang berliku
Jalan panjang sejauh pandang
Debur ombak yang menerjang
Kukejar bayangan sayap elang
Di situlah kutemukan jejak-jejak untuk pulang
Ayahku, kini aku telah datang
Ayahku, lihatlah, aku sudah pulang
(Novel Ayah – Halaman 384)

Sebenarnya sudah jauh hari sejak aku mengkhatamkan buku ini. And yup! I love it! So much! :D aku selalu suka cara Andrea Hirata bercerita. Dengan latar belakang Melayu yang sangat kental. Buku ini bercerita tentang cinta sederhana dari seorang laki-laki kampung yang juga tak kalah sederhananya. Semua bermula dari Sabari, Tamat, dan Ukun yang merupakan sahabat tak terpisahkan. Sejak duduk di bangku sekolah Sabari selalu mendapatkan peringakat atas. Ia merupakan pemuda cerdas yang memiliki hati yang lembut lagi polos. Berbanding erbalik dengan kedua sahabatnya yang selalu bersaing untuk menghindari rangking terbawah. Meskipun dalam hal cinta, mereka memiliki selera yang sama.

Kekonyolan, keluguan, kepolosan, kebaikan yang ditampilkan mereka dalam novel ini sukses membuatku tertawa terpingkal-pingkal, lalu geram, lalu sedih, lalu tertawa kembali. (Macam orang gila saja aku ini..:D)

Hal lain yang kusukai dari novel ini adalah bahasanya yang mendayu-rayu. Hampir di setiap bab selalu dihiasi puisi-puisi yang indah.

Datangkan seribu serdadu untuk membekukku!
Bidikkan seribu senapan, tepat ke ulu hatiku!
Langit menjadi saksi bahwa aku di sini, untuk mencintaimu!
Dan biarkan aku mati dalam keharuman cintamu….
(Novel Ayah – Halaman 110)

Dari Sabari dan teman-temannya, kita dapat belajar mengenai persahabatan, ketulusan seorang ayah, pengorbanan, semangat, cinta tanpa pamrih, juga arti sebuah keluarga. 


Bagaimana dengan kalian? Apa kalian pernah membaca novel ini? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Aktivitas Yang Bisa Kalian Coba #dirumahaja Selain Rebahan.

Hi Gaes. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap   selalu sehat dan berbahagia bersama orang-oarang tersayang di rumah. Well, hari...